Mengenal Kamera Digital SLR

Kamera digital slr atau sering di sebut kamera dslr (Digital Single lens Reflex) adalah sebuah kamera digital yang menggabungkan optik dan mekanisme kamera slr dengan sensor gambar digital. Perbedaan utama antara DSLR dan kamera digital lainnya terletak pada skema desain refleks. Skema desain refleks pada kamera dslr yaitu, cahaya berjalan melalui lensa, kemudian ke cermin yang bergantian untuk mengirim foto ke salah satu viewfinder (jendela bidik) atau sensor gambar.
Skema Desain Refleks
Fotografer dapat melihat objek sebelum mengambil gambar dengan cermin. Saat mengambil gambar cermin akan berayun dan cahaya akan menuju ke sensor sebagai gantinya. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa pengertian kamera dslr secara mudah yaitu kamera digital yang memanfaatkan cermin untuk dapat mengarahkan cahaya dari lensa ke vewfinder.

Komponen Kamera DSLR

  1. Lensa kamera 
  2. Cermin refleks 
  3. Shutter 
  4. Sensor gambar 
  5. Lensa fokusing
  6. Lensa kondensor 
  7. Pentaprisma
  8. viewfinder

Cara Kerja Kamera DSLR

Inilah beberapa tahap sebelum gambar di ambil oleh kamera dslr, di kutip dari situs belfot.com
  • Ketika kita mengintip di lobang viewfinder dibelakang kamera, apapaun yang kelihatan disitu adalah apa yang kan menjadi hasil akhir foto. Pantulan cahaya dari obyek foto masuk melewati lensa lalu menuju cermin pantul-(2) yang kemudian memantulkan cahaya tersebut ke pentaprisma-(7). Pentaprisma mengubah cahaya vertikal ke horisontal dengan mengarahkan cahaya menuju dua cermin terpisah, lalu masuk ke viewfinder-(8).
  • Saat kita memotret, cermin pantul/reflex mirror-(2) berayun keatas dan membiarkan cahaya terus maju dengan lurus. Shutter-(3) kemudian membuka sehingga cahaya tadi masuk ke sensor digital-(4). Shutter-(3) tetap akan terbuka selama waktu shutter speed yang ditentukan dan sensor-(4) akan terus merekan informasi cahaya. Kalau sudah selesai, maka reflex mirror-(2) akan kembali ke posisi awal sehingga cahaya dari lensa akan terpantul keatas dan kembali muncul di viewfinder.
  • Proses ketiga adalah proses yang terjadi di sensor digital-(4) dimana gambar diolah oleh komputer (processor) didalam kamera. Processor akan mengambil informasi yang terekam di sensor, mengubahnya menjadi menjadi format yang sesuai lalu menuliskannya ke dalam memory card. 
Demikianlah beberapa pembahasan mengenal kamera dslr, semoga Anda lebih tahu apa yang dimaksud dengan kamera digital slr di atas dan menambah pengetahuan kita.
Judul : Mengenal Kamera Digital SLR
Rating: 4.5/ 5
Oleh :